Kumandang takbir,tahlil,tahmid menggema sepanjang malam pertanda hari raya umat islam telah datang. Hari raya Idul Adha atau lebih dikenal hari raya idul qurban dan juga lebaran haji telah mendatangi kita. Sebuah perayaan yang punya arti cukup dalam di dari umat islam yang menjalani. Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang sebenarnya justru di hari inilah hari raya pertama umat islam dan yang kedua idul fitri tetapi dalam penerapan di kehidupan masyarakat jawa atau Indonesia justru hal ini terbalik, orang indonesia menganngap idul fitri hari raya yang pertama dan idul adha hari raya kedua. Jarang terdengar orang mengucapkan selamat di hari ini tetapi ramai saat idul fitri dan saling berlebaran sampai lebaran 7 namun bila idul adha orang banyak yang mengenal cuma hari ini waktunya umat islam berkorban baik kambing,sapi atau yang lain.
Makna yang terkandung di lebaran haji justru kurang dipahami dan kurang diamalkan. Idul Adha seharusnya hari yang sangat ditunggu umat islam karena:
  • Waktunya umat islam menunaikan panggilan untuk menunaikan rukun islam ke lima
  • Waktunya umat islam mengorbankan sebagian hartanya untuk menunjukkan seberapa iman dari orang itu
  • Waktunya berbagi dengan hewan yang disembelih kepada yang membutuhkan.
  • Saatnya meraih kemenangan dengan berlomba-lomba mencari ridho Allah SWT.
  • dan masih banyak yang lain
Memang kenyataan yang ada saat ini kita bila idul fitri ramai mudik dan yang lain untuk berkumpul dengan keluarga dan itu tidak salah justru baik karena kita dituntut untuk saling bersilaturahmi,dan di hari Raya Idul Adha justru kita dituntut untuk mengingat Tuhan, dalam ajaran Nabi Muhammad SAW. hari ini justru diperintahkan untuk merayakan selama 3 hari sedang idul fitri cuma 1 hari,jadi apa makna dibaliknya yang jelas hari Idul Adha adalah saatnya umat islam merayakan hari rayanya. Umat Islam merayakan kemenangan yang pertama untuk yang naik haji mereka sudah mendapat predikat haji, yang dirumah merayakan dengan menyembelih binatang kurban, yang dibagi-bagikan untuk yang membutuhkan dan seluruh masyarakat disekitarnya.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H
semoga di hari ini kita bisa merasakan arti dan bisa mendapatkan keistimewaannya. Semoga Umat islam yang menunaikan ibadah haji mendapatkan haji yang mabrur, dan yang berkorban mendapat pahala yang berlimpah dari Allah SWT.
Semoga para pengorbanan mereka hanya mengharap ridho dari Allah SWT. dan bukan untuk mendapat sanjungan dari orang lain

label : hari raya,idul adha,renungan,catatan,lebaran haji

3 komentar:

  1. woro woro bagi yang berminat ikut try out cpns di gedung serbaguna keludan trenggalek pada hari sabtu, 20-11-2010, bisa daftar di radio fatamorgana fm jl. Mayjen Sungkono No.37 trenggalek, tilp 0355-796566.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top