(deltatrenggalek 15 februari 2011)Kecamatan Pule Trenggalek,Sebuah acara yang berbeda diadakan di bagian barat Kabupaten Trenggalek,sebuah parade dalam rangka memperingati maulud Nabi Muhammad SAW. Panitia PHBN Kecamatan Pule mengadakan acara yang berupa karnaval atau pawai yang diberi nama "Pawai Ta'aruf". Sebuah karnaval yang bertema keislaman sengaja diadakan tiap tahun dan tahun ini adalah peringatan yang diisi dengan karnaval yang ke-dua setelah tahun 2010.
Dalam pawai kali ini Bapak Bupati trenggalek DR.Ir.H.Mulyadi.WR. berkenan hadir dan mengangkat bendera start melepas peserta pawai yang dimulai di pertigaan Gelang Desa Pule dan finish di balai desa Pule. Antusias warga masyarakat cukup baik dengan dipenuhinya jalan sepanjang rute karnaval sejauh kurang lebih 4 km ini.

Dalam kunjungan Bupati Trenggalek bapak Mulyadi WR di kecamatan Pule selain melepas peserta pawai sebanyak 56 group yang berasal dari tingkat TK/TPA sampai tingkat umum se-kecamatan pule ini Bupati Trenggalek melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pule dan berkenan memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang membutuhkan dan diserahkan sendiri oleh Bapak Bupati Trenggalek berupa bantuan semen sebanyak @10 sak pada Keluarga yang membutuhkan.

Peserta Karnaval kali ini yang diikuti oleh sekolah maupun masyarakat yang memang bedasar agama islam seperti TPA,madrasah,jamaah yasin,Pondok pesantren,juga sekolah umum yang bernaung dalam ormas islam,mengadakan pawai sama halnya dengan pawai yang diadakan dalam rangka Acara agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan tetapi sebagaimana sesuai tema yaitu Memperingati maulud Nabi Muhammad SAW. peserta menampilkan atraksi maupun maket bertema islam seperti wali songo,pengajian,rukun islam,Islam dalam kehidupan sehari-hari juga simbul-simbul yang melambangkan akibat dari orang yang tidak taat pada agama Islam.

Selain acara yang memang bernuansa Islam peserta Pawai Ta'aruf juga menampilkan hiburan drum band dan macinband yang dimiliki olah sebagian organisasi maupun sekolah yang ikut peserta pawai.
Acara rutin yang baru diadakan 2 kali ini mendapat dukungan dari beberapa pihak yang berkenan memberi dukungan dan mensponsori Panitia Hari Besar Nasional Kecamatan Pule membuat acara dapat dilakukan.Acara ini selain merupakan acara bertema dakwah juga sekaligus sebuah hiburan bagi warga Kecamatan Pule dan sekitar yang didominasi oleh warga masyarakat yang hidup di desa dan jauh dari kehidupan yang bernuasa modern,sehingga hiburan ini selain bisa menjadi dakwah juga hiburan gratis. Dengan adanya karnaval ini bisa mewujutkan sebuah hiburan untuk masarakat yang jauh dari kota yang tidak tentu dalam 1 tahun ada hiburan murah meriah selain pada saat hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus.
Semoga acara yang diadakan PHBN Kecamatan Pule ini bisa berlangsung terus di tahun-tahun yang akan datan dan bisa menjadikan ciri khas Kecamatan Pule yang berada di 28 km dari pusat kota Trenggalek ini dan dikemudian hari moga bisa menjadi kebanggaan warga dan bisa dikenal dan menjadi daya tarik khas dan merupakan paket wisata yang ada di wilayah Trenggalek pada umumnya. label posting ini :wisata trenggalek,pule,trenggalek,pawai,karnaval,pawai ta'aruf

2 komentar:

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top