(dt 2011)Batuk adalah penyakit yang umum diderita oleh kebanyakan orang, dan bisa dibilang hampir semua orang pernah mengalami baik itu yang bersifat ringan maupun karena penyakit yang berat. Tidak cuma orang dewasa tetapi anak juga sering mengalami batuk baik batuk kering dan basah. Batuk buat orang dewasa mungkin sudah umum dan juga cara mengatasinya dengan mencari obat baik dari resep dokter maupun mencari di warung-warung yang menjual obat batuk yang sudah dijual bebas di pasaran. Tetapi untuk anak yang khususnya masih balita kadang dalam benak terpikir bahan obat dari pabrik kurang baik bagi anak,sebisanya kita mengurangi anak mengkonsumsi obat agar anak bisa tumbuh dengan alami dan tidak banyak zat kimia yang masuk ke tubuh anak. rang tua mana yang tidak kawatir bila si kecil atau buah hatinya sakit dan batuk bila malam pasti rasa kasihan dan kekawatiran akan menghantui hati,Memang sudah tersedia obat yang khusus diperuntukkan untuk anak usia balita tersedia di apotik dan toko obat dengan resep dokter untuk mengkonsumsi, tetapi ada baiknya sebagai orang tua mengurangi konsumsi obat produk pabrik yang mengandung zat kimia.
Terus bagaimana mengatasi batuk untuk anak usia balita tanpa obat?
Ada beberapa resep tradisional yang umum dikalangan orang tua bila mengatasi batuk pada anak,dan salah satunya akan saya tulis dalam posting ini. dan resep ini hanya salah satu cara untuk memberi obat dengan ramuan tradisional atau bisa dikatakan jamu jawa tanpa zat kimia dan tanpa bahan pengawet tentunya.
Tapi sebelumnya resep ini hanya untuk batuk yang bukan diakibatkan oleh penyakit yang berat seperti asma,TB,dan lainya. karena penyakit batuk banyak penyebabnya. resep ini hanya untuk batuk yang umum pada anak dan merupakan batuk biasa yang dikarenakan anak yang capek,terkena debu dan sejenisnya dan bukan karena penyakit berat.
Berikut beberapa bahan yang dipakai untuk membuat resep tradisional untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan batuk pada anak.
  1. buah asam
    • Asam atau dalam bahasa jawa disebut asem bermakna buah yang buahnya asam/asem
  2. gula jawa
    • gula jawa biasa disebut gula aren atau gula merah yang dihasilkan dari merebus badek atau cairan manis yang keluar dari bunga pohon enau/aren
  3. daun pohon adas
    • Pohon ini saya tidak tahu namanya di daerah lain itu yang disebut di tempat saya,nanti kalau ada kesempatan saya kasih photo
  4. ragi untuk membuat tape
    • Ragi tape berwarna putih dan bersih. Ragi banyak macamnya dan dengan fungsi berbeda ada ragi untuk membuat tempe,dll
Cara pakai :
  1. ambil beberapa lembar daun adas
  2. campurkan buah asam dan gula secukupnya " jangan banyak-banyak"
  3. Tambahkan sedikit ragi untuk membuat tape "sedikit saja karena bila kebanyakan bisa membuat sakit kepala seperti mabuk" , hanya asal diberi saja
  4. keempat campuran direbus dan dibuat minum untuk anak yang menderita penyakit batuk
Ada cara lain keempat campuran ditumbuk halus dan ditambah sedikit air lalu diperas diambil airnya kemudian diminumkan pada si buah hati.dalam cara kuno di bungkus kain kemudian "di cekok"(bahasa jawa) yaitu dimasukkan ke mulut anak sambil diperas airnya sehingga anak meminum air yang keluar tersebut.
Sebuah resep tradisional sering merupakan obat mujarap tetapi kesembuhan hanya milik yang memberi penyakit dan resep tradisional seperti yang tertulis diatas adalah hanya untuk obat ringan karena dulu belum ada penyakit yang macam-macam jadi ada baiknya juga dan disarankan untuk mengunjungi dokter spesialis agar tahu penyakit apa yang sebenarnya diderita anak. Kalau memang penyakit berat lebih baik di bawa ke dokter untuk perawatan medis dengan obat yang canggih.
posting yang berhubungan silahkan coba semua alami:
back to home

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top