(dt 2011)Gempa bumi terbesar kelima di era modern menghasilkan tsunami yang melanda beberapa negara yang berbatasan dengan laut pasifik,dan peringatan tsunami dikumandangkan di beberapa negara termasuk indonesia bagian utara di sulawesi,maluku,papua.
Gelombang tsunami terbesar melanda negeri sakura di asia timur ini. Jepang yang berbatasan langsung dengan samudra pasifik menerima dampak bencana terbesar dan menghancurkan banyak fasilitas yang ada. Sebuah reaktor nuklir yang digunakan untuk tenaga listrik yaitu pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) bocor dan pada malam ini salah satunya timbul ledakan. dengan meledaknya satu reaktor nuklir dikawatirkan menimbulkan banyak radiasi timbul yang mengakibatkan korban jangka panjang dengan zat radio aktif yang mencemari udara,air maupun tanah.


Laporan media diperkirakan sedikitnya 1.300 orang tewas dalam gempa bumi dan tsunami yang melanda luas dari lahan pertanian dan kota-kota seluruh seperti menyapu pedalaman. Korban tewas diperkirakan meningkat sebagai penyelamat mencapai daerah yang paling parah.
Skala gempa, terbesar di Jepang sejak pencatatan dimulai 140 tahun yang lalu, memicu peringatan tsunami dan evakuasi di sekitar lingkaran Pasifik. Kebanyakan peringatan kemudian skala kembali sebagai gelombang yang dihasilkan menyebabkan kerusakan minimal.

"Gelombang setinggi enam meter jatuh ke Amerika Selatan ke awal Sabtu-dalam beberapa kasus pengiriman Pasifik bergelombang ke jalan-jalan - setelah penghuni pesisir bergegas untuk menutup port dan sekolah-sekolah dan mengevakuasi beberapa ratus ribu orang," The Associated Press mengatakan. CNN melaporkan satu kematian di California .
Sekitar Sendai , iwate kota Jepang yang paling dekat dengan pusat gempa gempa, terkena kerusakan terparah
"Helikopter militer terbang di atas area yang terkena dan dipetik orang dari atap Dalam beberapa kasus, tim penyelamat berjalan susah payah di sepanjang perairan berlumpur, membawa korban di punggung mereka.. Weary, korban lumpur-noda berjalan melalui jalan-jalan penuh dengan mobil kusut dan sampah lainnya," katanya .
Enam juta rumah - lebih dari 10 persen penduduk Jepang - yang tanpa listrik setelah terjadinya bencana, CNN mengutip Duta Besar Jepang untuk Amerika Serikat mengatakan.
Lebih dari 215.000 orang sedang disiapkan di tempat penampungan darurat di timur laut negara itu, tetapi jumlah orang meninggalkan tunawisma diharapkan menjadi jauh lebih tinggi, Sky News.
Jepang telah mengerahkan 50.000 personil lainnya penyelamatan dan militer, penyusunan seluruh Self Defense Force untuk membantu menjangkau mereka yang terkena dampak sebagai Perdana Menteri Naoto Kan memperingatkan kecepatan adalah keharusan, AFP.
Beberapa WNI yang menjadi TKI maupun tinggal di jepang belum bisa dihubungi,semoga mereka selamat dan tidak terjadi apa-apa. Turut berduka atas musibah ini dan semoga cepat pulih negeri matahari terbit ini dari beban bencana

1 komentar:

  1. semoga tidak ada korban dari tenaga kerja dan Warga negara Indonesia

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top