(dt 2011) Operator mana yang menurut kamu memberi tarif murah tanpa syarat yang terbuka dan jelas?
Berapa tarif sebenarnya call, sms, data pada prepaid anda yang ada saat ini?
Tarif yang ada itu benar atau ada jebakan tarif dibelakangnya. Promo gencar dilakukan oleh semua perusahaan telekomunikasi seluler dengan promo yang sangat menggiurkan bila kita melihat tayangan iklan yang ada. Mulai tarif 0 rupiah telpon, sms, chatting, facebookan, dan lain-lain. Tapi sejauh mana dan batasan-batasan juga persyaratan apa saja yang ada dibaliknya tentu kita akan menyangkal isi iklan tersebut. "itu menurut penulis"
Saat ini di Indonesia ada beberapa perusahaan operator telekomunikasi yang bersaing memperebutkan pangsa pasar untuk mengais receh dari perolehan pemakaian biaya dari pelanggan. Dari yang terbesar yaitu telkomsel diikuti Indosat, Exxelcomindo (XL), Tree (3), dan yang terbaru axis yang berkembang pesat dari jalur GSM, dan smart yang sudah mendapatkan tambahan dari frend ,esia (indosat),Flexi (telkomsel) Ceria (bakrie group) dari jalur CDMA dan masih ada lagi tidak yang lain. Perang tarif komunikasi dengan memasang iklan yang menggiurkan dengan promosi tarif murah bahkan 0 rupiah ( Rp.0 ) sesuatu yang tidak bisa kita tolak untuk mencobanya. Lomba memberi bonus gratis sms dari 100 sampai 5000 sms gratis tiap hari,gratis nelpon, nelpon sekian rupiah 1 hari dan lainnya.
Tarip murah sms, telpon, internet siapa yang tak ingin?
Tentu setiap pelanggan ingin tarif dan pemakaian pulsa untuk card / kartu telepon yang mereka punya bisa dipakai walaupun pulsa tak banyak dan murah bila dipakai. Namun bila di amati tarif sms,tarif telpon,tarif pemakaian data internet tidak semurah yang ada di promosi maupun iklan yang ada. Kita tidak sepenuhnya bisa menikmati tarif murah seperti yang ada dalam iklan dan promo. Kenyataan untuk mendapat tarif promo seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami banyak persyaratan dan kriteria yang harus didapat untuk mendapat tarif promo seluler bahkan kadang kita sering terjebak pada satu layanan. Jangan cepat percaya akan tarip murah yang gencar ditayangkan pada media elektronik , maupun media cetak dan yang lainnya. Bisa jadi tarif yang ada adalah jebakan yang harus kita singkapi dengan hati-hati dengan mengetahui persyaratan yang diwajibkan.
Bahkan ada operator yang memberlakukan tarif tidak sama antara pelanggan yang satu dengan yang lain, pernahkah anda mencoba cek tarif pemakaian anda untuk telpon,sms ataupun berinternet ria. Seperti yang saya alami punya 2 prepaid satu operator dengan tipe dan jenis sama tetapi bila dipakai telpon tiap menit pemakaian tarif tidak sama. ada yang tiap menit dipotong pulsa 900 yang kartu satunya kena pulsa 300 padahal jam telpon bisa dibilang sama, untuk bonus sms yang 1 kirim 3 sms dapat 100 sms gratis sedang yang 1 kirim 11 sms baru dapat 100 sms gratis. Berapa tarif untuk internet card 1 baru bisa dipakai browsing bila pulsa Rp.10.000 tetapi bila pakai opera mini cuma kena Rp.5 per koneksi "murah kan"yang card 2 pulsa Rp.diatas Rp.100 maasih bisa dipakai. Padahal dalam promosi tarif sekian rupiah per detik/menit/yang lain. Pernah saya coba tarif 0 rupiah dalam promosi ternyata bukan Rp.0 yang saya dapat justru layanan paket internet chatting social dengan biaya Rp.3000 perminggu dan telpon tetap mahal seperti biasa. Dan yang lebih membingungkan saat ini operator selalu membuat kebijakan yang berubah-ubah pada layanan dan tarif tanpa ada transparasi dalam layanan yang disediakan, kurangnya informasi untuk mendapat paket promo seperti yang ada di iklan yang dibuat operator komunikasi. Dalam layanan info seperti layanan *...# dan yang lain banyak layanan semacam itu yang dengan mudah kita akses konten gratis yang ada dari HP kita tetapi dalam menu yang ada kadang tidak diberi info tentang produk tersebut sehingga begitu kita akses * xxx # maka balasan yang ada adalah terima kasih dan tunggu proses agar layanan anda berhasil, jadi kita langsung mengaktifkan suatu layanan tanpa kita tahu bagaimana sebenarnya tentang layanan tersebut dan itu tak sedikit pulsa kita terpotong. Layanan seluler tentang 0.facebook.com yang dalam promosi gratis begitu kita akses kadang masih kena pulsa kadang gratis. Jadi sesuatu layanan tak seperti dalam promosi dan kadang yang paling menjengkelkan begitu tanya pada call centre jawaban tak sesuai dengan yang kita harapkan sepertinya operator call centre kurang paham dengan suatu promosi yang ada, antara orang yang satu dengan yang lain jawaban berbeda dan begitu di ikuti tak sesuai dengan harapan. Tarif iklan sepertinya jebakan untuk mendapat receh yang cukup banyak dengan memotong pulsa tak sedikit tanpa kita tahu program tersebut bagaimana persyaratan yang harus kita penuhi. Apakah itu bisa dibilang murah?
Konten-konten gratis kadang hanya sekedar layanan promo begitu kita join maka akan dikenakan biaya mingguan cuma gratis di depan. Sebagai pelanggan yang memberi andil untuk perkembangan dunia telekomunikasi dan memberi kehidupan perusahaan seluler seharusnya kita mendapat info yang jelas dan transparant agar tarif yang menjebak tidak menjadi cacat selamanya, andai 1 kali kita terjebak tarif promo murah dengan harga Rp.1000 dan bagi yang tahu langsung dimatikan dan yang kena jebakan satu juta orang berapa uang pelanggan yang masuk kantong perusahaan operator telekomunikasi, 1 M uang pelanggan hilang tanpa tahu untuk apa uang itu bagi mereka. Orang awam tetap tak berdaya karena memang cuma bisa pakai tak tahu proses. Untuk akses gratis tetap enak bila transparant dan buat teman,senior, dan blogger yang suka posting dan hacker tentang gratisan salam dan thank infonya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top