information | tip and trick Beberapa waktu yang lalu, penulis mencoba membuat blog baru dan mencoba mengadu nasib sekaligus belajar mengelola sebuah domain menggunakan fasilitas dari webhosting yang menggunakan c-panel, menggunakan nama domain sendiri dari sLD dan TLD dengan hasil url http://www.deltatrenggalek.co.cc . Senang rasanya bisa memiliki domain dengan nama yang kita inginkan, dan menggunakan hosting gratis dari 000webhost.com yang telah banyak digunakan para blogger, co.cc merupakan salah satu TLD yang memberikan kita nama domain gratis dan bisa kita gunakan untuk membuat blog dengan nama sendiri dan selain itu TLD ini juga diakui para blogger untuk membuat blog berkualitas sekaligus untuk belajar membuat blog dengan fasilitas c-panel, file manager, php, mysql, dan lainnya. Domain co.cc bisa kita jadikan pembelajaran membuat blog untuk menjadikan blog kita buat sesuai keinginan kita dengan fasilitas yang cukup. Senang sebenarnya dalam hati berhasil membuat domain dengan nama sendiri via SLD TLD co.cc yang mamberi nama domain gratis dan kesenangan berikutnya adalah bisa setup domain co.cc ke webhosting gratis yaitu 000webhost.com dengan cms dan mengerti cara membuat database php juga memasukkan ke hosting, sekaligus install cms wordpress ke hosting. sampai bisa install template.
Bagi pemula seperti penulis awalnya sangat sulit untuk memahami dan bagaimana menggunakan c-panel, dan yang lain di webhosting tetapi setelah googling akhirnya berhasil juga biar sekilas dan kita bisa mengerti cara kerjanya. Dengan memahami dan mencoba setup co.cc di 000webhost, membuat database dan isi di mysql webhosting, apa saja yang perlu untuk pertama kali diisikan pada filemanager agar domain/ blog kita bisa dipublikasikan adalah sesuatu yang membuat pemula sempat dibuat bingung, kadang salah tempat akhirny setup tak berhasil dan install cms gagal, hasilnya index off dan lainnya.
Setelah berhasil setup co.cc mulai belajar tentang mecari thema, istall plugin, da setting yang ada. Beranjak ke meta tag fasilitas dari SEO yang ada pada install wordpress domain co.cc di 000webhost.com yang tertanam fasilitas dan plugin SEO dan meta mulai membuka dan belajar dari teman via google mesin pencari untuk memahami dan mempelajari kegunaan can cara memakai fasilitas yang ada. Seperti layaknya teman teman blogger langkah pertama saya untuk membuat blog baru gratisan ini adalah mendaftarkan situs di google webmaster dan alhamdulillah blog saya yang baru berhasil di index di google, padahal terus terang belum terpikir untuk apa dan apa yang akan saya tulis di blog gratisan ini. Beberapa waktu nganggur dan saya biarkan blog tanpa tulisan alias belum ada posting saya mulai buat posting di draft blog untuk saya publikasikan sebagai posting pertama di blog baru nama domain dengan co.cc cms wordpress.
Belum hilang rasa senang berhasil setup domain co.cc di OOOwebhost dan blog sudah terindex bisa dibuka di browser dan baru membuat draft tulisan, tag, category maupun kemana sasaran posting blog, saat membuka google dan menulis lagi kata kunci site: www.deltatrenggalek.co.cc dengan tujuan untuk melihat lagi apakah index masih ada, tetapi yang muncul berubah dan saya ambil awalnya saja diantaranya anda pemilik situs www.deltatrenggalek.co.cc bla bla bla. Kemudian iseng di kotak pencarian google dengan kata kunci "info:co.cc" yang muncul justru posting dari para blogger yaitu intinya situs dengan domain TLD co.cc di banned google. Sebenarnya kaget juga melihat dan membaca posting dari teman blogger dalam benak muncul banyak tanda tanya
  • kenapa dan apa alasan domain ini di banned
  • adakah selain co.cc yang juga kena banned google.
  • Apa alasan dan bagaimana cara agar domain co.cc bisa diindex lagi oleh google,
  • sampai kapan domain gratis ini bisa terindex lagi,
  • Kenapa domain co.cc tak bisa muncul,
  • apakah selain google mesinpencari lain juga melakukan hal serupa,
  • dan banyak lagi pertanyaan dalam hati.

Buat pemula seperti saya sebenarnya tak ada ruginya domain co.cc di blok ataupun tak muncul dalam pencarian tetapi bagi yang sudah lama dan blog punya pengunjung tetap maupun posting yang berguna juga sudah dapat peringkat tentunya akann merasa sia-sia usaha yang dirintis dari awal untuk membuat blog yang berkualitas dan mempunyai tulisan yang bermutu. Posting maupun tulisan yang sudah menjadi langganan dan top search di google hangus begitu saja dan hilang dari pencarian. Sebagai pengguna awam tentu saya tak tahu alasan kenapa co.cc di banned, dicekal, dihapus dari mesin pencari google. Bagaimana nasib tulisan maupun posting yang sudah susah payah dibangun, bagaimana nasib pagerank yang dengan susah payah dirintis untuk membuatnya naik step by step agar mendapat tempat di peringkat google. Lalu bagaimana dengan domain gratisan lain seperti cc.cc, dot tk, dan lainnya apakah akan mendapat nasib sama kita tidak tahu. Apa penghapusan karena alasan bisnis atau memang karena alasan teknis yang jelas saat ini co.cc tidak muncul di google.
Dengan dibannednya cocc timbul kekawatiran dan mempartanyakan nasib dari domain gratisan lain. saat ini saya sendiri jadi timbul keraguan untuk mencoba takut nanti setelah laama dan susah membangun kena penghapusan massal domain kita, dll. Beberapa blogger memberi alasan karena domain co.cc mengandung malware, ada juga yang memberi alasan karena bisnis yang tersaingi. Nasib co.cc tergantung bagaimana kita menyingkapi dan mempelajari. Sebagai pemula sedikit saran tak rugi kita gunakan domain co.cc untuk belajar dan mempelajari lebih dalam bagaimana mengelola sebuah website pribadi lewat hosting dan digunakan untuk belajar lebih jauh tentang fitur-fitur dalam mengelola blog pribadi, untuk membuat web ataupun blog sendiri dengan membeli domain premiun yang berbayar biar lebih aman dan lebih lengkap.
baca juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top