information | tip and trick
Hai orang-orang yang beriman, telah datang waktu berpuasa untuk kamu sebagaimana telah datang waktu berpuasa kepada kaum sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa. QS:2 183
Mengakhiri bulan juli 2011 sekaligus bulan ruwah kalau orang jawa bilang atau sha'ban 1432 H dalam kalender islam, sebagai umat islam tentu sangat hafal dan mengerti tentang sekelumit dan inti dari arti ayat tersebut yaitu telah diwajibkan umat Nabi Muhammad SAW. untuk berpuasa selama, seperti halnya puasa yang dilakukan umat sebelum Nabi Muhammad SAW. Dan untuk puasa yang diwajibkan oleh Allah SWT. kepada umat Nabi Muhammad SAW. adalah puasa wajib di bulan ramadhan selama 1 bulan penuh, sementara untuk umat sebelumnya puasa dilakukan syarat dan ketentuan berbeda-beda. Sebagai umat Islam yang memang diwajibkan menunaikan dan merupakan rukun islam yang wajib dari 5 rukun islam yaitu:
  1. Shahadat
  2. Shalat
  3. Zakat
  4. Puasa
  5. Haji bagi yang mampu
Beberapa kalangan ada yang menyebut puasa dibulan ramadhan adalah rukun islam ke-tiga, tetapi itu jangan diajadikan perpecahan dan jadikan perbedaan merupakan suatu hikmah dan karunia.
Satukan hati, bersihkan jiwa, untuk mendapat karunia dan beribadat selama bulan suci ramadhan 1432 H ini. Sebagaimana telah diterangkan dalam hadist bahwa bulan suci ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan dan bulan pembebasan dari api neraka dimana pada bulan suci ramadhan syaithan dibelenggu untuk tidak bisa mengganggu umat yang menjalani puasa ramadhan dengan sepenuh jiwa dan raga. Kesempatan terbuka lebar untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan umat pada Yang maha Kuasa selama bulan ramadhan. Mari kita berserah diri pada yang kuasa dengan meningkatkan amal ibadah dan juga keikhlasan jiwa memenuhi panggilan kewajiban sebagai umat untuk mngabdi dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan kepadanya. Banyak hikmah yang terkandung dalam bulan puasa seperti kesadaran diri tentang nasib saudara kita yang kekurangan, bagaimana berlatih dan melatih kesabaran, bagaimana mendidik sifat kejujuran hati, bagaimana kita dididik untuk hidup sehat dengan pola makan yang teratur, dan lain sebagainya.
Marhaban yaa ramadhan, selamat datang bulan suci ramadhan, bulan 1000 bulan dimana bulan yang disucikan dan penuh dengan kenikmatan, berkah, dan ampunan. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan, bulan ramadhan adalah bulan untuk melatih dan merenungi tentang 11 bulan lannya. sudahkah kita dalam kehidupan sehari-hari bisa seperti bulan ramadhan. Satukan seluruh jiwa dan raga untuk menunaikan ibadah.
Marhaban yaa ramadhan, selamat datang bulan suci, selamat menunaikan ibadah puasa dibulan ini semoga ketaqwaan yang diidamkan dalam tujuan utama puasa bisa tercapai dan terlaksana.

2 komentar:

  1. Selamat menunaikan ibadah puasa 1432 H, Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah subhanahuwata`ala.

    BalasHapus
  2. semoga ramadhan kali ini lebih baik dari kemarin

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top