information | tip and trick Perbedaan yang terjadi saat ini, lebaran idul fitri tahun ini ada yang jatuh pada hari ini (30/08) ada juga yang besuk (31/08) sesuai dengan keputusan isbat pemerintah, sering kita jalani dalam kehidupan umat islam indonesia. PP MUHAMMADIYAH dan beberapa ormas memutuskan hari raya jatuh hari selasa sedang NU, pemerintah dalam sidang isbat memutuskan 31 agustus 2011.
Sebagai umat islam Indonesia memang sempat dibuat bingung, dengan penetapan hari raya, beberapa ormas islam lain juga mempunyai cara sendiri untuk menentukan kapan hari raya tiba. Perbedaan penetapan hari raya mempunyai alasan sendiri bagi ormas islam yang ada di seluruh dunia. Perpecahan seakan jadi ketimpangan, perbedaan bila ditanggapi dangkal akan mengakibatkan kesalah pahaman. Perbedaan yang timbul mempunyai alasan dan dasar sendiri-sendiri, dan juga keyakinan yang datang dari masing umat. Kita seharusnya bangga dengan perbedaan, asal tidak dan jangan menimbulkan perpecahan. Perbedaan harus ditanggapi dengan kesadaran dan saling menghormati, karena manusia memang tercipta sudah ditakdirkan berbeda dan mempunyai perbedaan. Sejauh ini penulis salut dengan lingkungan tempat tinggal sendiri karena perbedaan hari raya tidak menjadi alasan untuk menjadi perpecahan, perbedaan justru mempunyai nilai dan hikmah sendiri. Kita tetap rukun dan tidak mempermasalahkan apa yang terjadi. Walau perpecahan muncul itu bukan konflik tetapi karena memang keyakinan. Tiada perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat dan masih tercipta kerukunan bersosial. Di sekitar tempat penulis ada warga NU / Nahdatul ulama yang juga sudah merayakan lebaran hari ini begitu pula warga Muhammadiyah yang juga baru besuk berlebaran. Itulah kenyataan, yang penting jaga persaudaraan sesama umat islam, janganlah perpedaan menjadi perpecahan yang menimbulkan konflik, jadikan perbedaan adalah bagian dari kehidupan. Mari kita saling menghormati perbedaan, dan sucikan hati di bulan fitri. Perpecahan akan menjadi konflik yang tidak kita inginkan, jaga hati dengan saling menghormati. Yakini akan perbedaan, karena manusia memang tercipta penuh dengan perbedaan. Jangan pernah mempunyai pandangan kita yang paling benar, tiada kebenaran haqiqi kecuali milik Sang Pencipta, jangan pernah merasa keputusan kita paling benar, mari kita cari kebenaran dengan hati nurani, jadikan perbedaan karunia indah dari Allah SWT. dan jangan menjadikan perpecahan karena kita makluk sosial yang memerlukan kehadiran dan bantuan orang lain.
Sekali lagi untuk semua baik yang merayakan hari raya idul fitri 30 agustus maupun 31 agustus Kami sekeluarga mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1432 H, sucikan hati, bersihkan jiwa, berbagi kesucian di hari nan fitri. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin"
Semoga perbedaan kali ini bisa menyadarkan kita arti saling menghormati dan saling menghargai untuk bisa kembali ke fitrah yang suci. Selamat berlebaran bersama sanak saudara, berbagi kebahagiaan dengan sesama.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top