Assalamu'alaikum sobat. jajanan khas dari trenggalek yang harganya murah meriah juga lumayan enak gurih.
jajanan khas trenggalek
Masihkah dan pernahkah kalian ingat atau alami saat masa kecil orang tua atau saudara kita pergi ke kota? Tentu sedikit cerita masa lalu biar sudah agak lupa-lupa ingat hehehe kaya judul lagu saja. Mumpung sempat ingat dan ingin menulis tentang kota kelahiran, bila keluarga kita atau kita sendiri mengalami bila pergi ke kota tentu saat itu pulang selalu bawa oleh-oleh. maklum karena kami juga orang desa dan saat kecil untuk pergi ke kota trenggalek belum mampu karena waktu kecilku selalu tak diajak bila ortu pergi ke kota. Tidak jauh sebenarnya rumah kami dari Ibukota kabupaten Trenggalek sekitar 30 km tetapi dulu masih jarang angkutan umum apalagi motor. jadi banyak orang tua yang pergi ke kota jalan kaki berangkat pagi pulang sore. itupun pergi kalau memang sangat perlu. Dan betapa senang bila pulang dibawakan jajanan sebagai buah tangan atau oleh-oleh dari kota, sekali lagi maklum karena adanya jajanan khas desa cuma tempe goreng, puli 'apa ya istilah lain puli', juga lodeh sejenis sayur dari tempe diberi saos kental dar tepung, itupun kalau pas hari pasaran dan ortu pergi ke pasar desa yang ada di pule trenggalek. Dan oleh-oleh khas apa yang dibawa dari kota jawabanya 90% saat itu adalah alen-alen. Sebuah

Samakah cerita kami dengan kalian bila kamu berasal dari trenggalek, tapi tahulah bila kamu sudah hidup di kota sejak kecil atau tinggal di daerah timur kota trenggalek seperti kecamatan pogalan, kecamatan gandusari, kecamatan kampak atau durenan.
Trenggalek Berteman hati itulah motto dari kota kecil yang berada di bagian selatan provinsi Jawa Timur ini mempunyai beberapa makanan khas walaupun tidak semua asli produk lokal. Seperti cerita pendek tentang oleh-oleh waktu kecil yang kami tulis diatas,sebuah jajanan yang kami sebut saja makanan ringan khas yang memang asli diproduksi oleh masyarakat trenggalek yang terkenal dengan sebutan kota gaplek. Gaplek adalah ubi ketela kering yang biasanya oleh masyarakat pada umumnya dibuat jadi tepung dan dijadikan makanan pokok yaitu nasi tiwul. begitu pula alen-alen adalah produk jajanan khas trenggalek yang bisa dibilang harga sangat murah, anda bisa cari di pusat-pusat jajanan khas trenggalek pasti ada alen-alen.
Jajanan khas trenggalek lain bila kalia pergi ke trenggalek silahkan coba yaitu tempe kripik, sebuah olahan dari bahan kedelai yang dibuat tempe dibuat tipis. tempe kripik adalah tempe goreng yang tipis.
Namun teriring perkembangan jaman makanan khas trenggalek yang cukup murah ini mulai tergerus oleh banyaknya jajanan yang beredar, seperti roti/ kue kring, jajanan snack atau makanan ringan produk perusahaan besar yang banyak mengandung bahan pengawet. Sobat mari kita coba untuk flasback masa kecil kita dan lestarikan budaya kita terutama di bidang kuliner. alen-alen cukup murah juga enak kenapa tidak kita gunakan dalam jajanan sehari-hariassalamu'alaikum
baca juga :



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top