Assalamu'alaikum kawan,
kerokan obat masuk angin
Baca posting di sebuah situs jadi kepikiran untuk menulis kembali dengan versi tulisan sederhana ala kami. Pernahkah kalian masuk angin kalau iya bagaimana cara mengobatinya ala orang jawa/ orang indonesia. tanpa obat cuma berbekal uang koin kalau dulu koin Rp.100 logam dan minyak gosok atau bahkan seadanya kadang juga kalau terpaksa bisa memakai minyak goreng atau handbody lotion. hehehe tapi tidak disarankan bila memakai minyak greng bekas greng ikan ya nanti tidur jadi santapan tikus atu semut merah yang berbaris di dinding. Apa nama pengobatan ini tentu anda tahu yaitu kerokan
Oya bagaimana sebenarnya masuk angin dan kerokan.
Masuk angin kalau kami istilahkan adalah adanya udara yang masuk tidak pada tempatnya dan mengalir mengikuti aliran darah atau terselip di dalam jaringan tubuh yang bukan tempat udara ada. Banyak penyebab masuk angin salah satu contoh adalah kedinginan, duduk terlalu lama di lantai, dalam keadaan badan sedang tidak fit dan lainnya. Penyebab utama yang jelas karena adanya udara yang masuk ke tubuh bukan dari jalannya. kalau seharusnya udara masuk ke tubuh lewat saluran pernapasan melalui paru paru sebelum disalurkan ke tubuh tetapi masuk angin masuk lewat kulit dan udara mengendap di jaringan tubuh.
Ciri-ciri masuk angin dan kenapa kerokan bisa dijadikan alternatif pengobatan tradisional.
Ciri umum masuk angin sebagai berikut:


  • kembung, 
    di daerah kami kalau melihat orang masuk angin yang kembung dengan cara memukul ringan atau menepuk perut bagian sisi perut dan bila berbunyi dungdung atau kalau sekitar kami bilang seperti buah nangka matang itu tanda kembung. dan kembung adalah salah satu tanda masuk angin. cara ini adalah cara mudah dan juga dilakukan dokter. Untuk melihat pada anak becil/ balita caranya tempelkan telapak tangan kanan/kiri kita di perut anak kemudian tepuk tangan kita pelan dan dengarkan kalau orang dewasa atau kita uptoyu asal tida nyakiti saja ya?
  • kedinginan.
    Ciri / tanda masuk angin lain yang  juga sering dialami adalah kedinginan tanpa sebab. bukan kedinginan karena kehujanan atau udara yang memang sedang dingin. tentu kita bisa membedakan kedinginan karena udara yang dingin atau dinginnya sedang flu/ sakit demam. kalau masuk angin dinginnya mendadak dan badan dalam keadaan yang wajar sebelumnya. 
  • Pusing
    Pusing disini adalah pusing yang mana kita merasakan seperti orang yang mau pingsan. tiba-tiba tanpa sakit/ alasan sebelumnya mendadak kita drop kondisi dan seakan mau jatuh /terjatuh bila berdiri dan gelap bila memandang. bila parah kadang bisa pingsan beneran. 
  • Dan lainnya.

Bagaimana dengan kerokan dan cara melakukannya
Tentu kita sebagai orang indonesia tahu dengan kerokan adalah obat mujarap masuk angin. Bagaimana bisa kerokan mengobati masuk angin, alasannya simple yaitu mengeluarkan angin yang menyelinap/terselip di antarakulit dan daging kita. Dengan kerokan bisa membuka pori-pori kulit sehingga agak besar dan angin yang terbungkus kulit bisa keluar karena juga otomatis melakukan pemijatan ditambah reaksi dari obat gosok yang hangat mempercepat penyembuhan, bisa juga reumason/ balsem.
Dimana kita melakukan kerokan
Lain orang lain tempat itulah jawabannya yang umum tetapi bila lebih umum lagi biasanya kerokan dilakukan di punggung ke bawah sampai pinggang. Tetapi dari pengalaman ada juga rekan yang sembuh bila kerokan di pantat atau leher, ada juga kaki dan lainnya.
Nah sobat itu saja dulu ya posting ringan sebagai pengisi blog ini.
Oya nambah sedikit sebagai peringatan bagi yang melakukan kerokan yaitu jangan sering-sering melakukan kerokan karena orang yang melakukan kerokan terlalu sering efeknya akan mudah juga masuk angin karena melebarnya pori-pori mempermudah juga angin masuk ke tubuh.
Bagaimana cara kerokan yang benar
tentu sbat sudah tahu jawabannya karena pernah melakukan seperti kami sendiri.
Kesehatan adalah nikmat yang mahal harganya jagalah kesehatan sebelum sakitmu (al-Hadits)
Assalamu'alaikum

baca juga:



Sumber reff baca disini.

1 komentar:

  1. Awas kerokan bisa bikin ketagihan, mending coba aja minum Fitaliv sebagai obat masuk angin alternatif.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top