informasi seputar kitaMelanjutkan posting sebelumnya tentang sekilas android kali ini kami posting tentang sedikit trik agar batrei handphone android tidak terkuras percuma tanpa kita sadari. Seperti sudah banyak diketahui bahwa hp maupun tablet berbasis android adalah handphone boros batrei dan juga boros pulsa. Dikarenakan banyak aplikasi ataupun system yang berjalan secara bersamaan dan berjalan dibelakang layar. Sehingga kita tidak menyadari kenapa tidak dipakai tetapi batrei sudah low.Sebagai contoh adalah background data, auto sincron, juga yang jelas system os android tersebut memeng banyak yang berjalan pada background dan tidak sedikit. Beberapa setting dapat dirubah dari aslinya beberapa sudah paten. Jadi ada baiknya kita cek beberapa aplikasi yang bisa kita setting manual sehingga bisa menghemat konsumsi batrei yang berlebih. Tip trik kecil ini moga bisa berguna bagi yang baru memakai smartphone maupun tablet ber os android seperti galaxy samsung, beberapa exsperia di sony ericson dan lainnya yang menggunakan android sebagai system operasinya. Berikut tip kecil yang bila kita gunakan untuk menghemat batrei pada android.
  • Matikan gps.
    GPS merupakan suatu apkikasi yang tujuan utamanya adalah mengetahui dimana kita berada dengan menghubungkan perangkat dengan satelite, dengan gps kita juga tahu koordinat suatu lokasi pada peta termasuk juga peta navigasi untuk menunjukkan arah bila kita da am perjalanan, juga mengetahui arah kompas. Gps banyak digunakan dalam aplikasi peta seperti google maps, route 66, dan lalnnya. Dalam perkembangan banyak aplikasi yang dikembangkan menggunakan gps. Gunakan gps atau navigasi satelit atau hidupkan bila diperlukan saja, karena gps yan on akan terus menerus menguras batrei android untuk selalu terhubung baik ke satelit maupun data. Ada baiknya dimatikan kalau tidak digunakan.
  • Atur kecerahan displai atau layar
    Dengan mengatur kecerahan layar atau tampilan bisa menghemat cukup banyak pemborosan batrei bila digunakan, anda bisa mengatur sesuai keinginan dan atur juga displai off jangan terlalu lama untuk layar menyala atur scren off bila tidak digunakan dengan waktu singkat saja atur 15 detik atau kurang sehingga begitu tidak dipakai tidak lama menyala . Karena dispai memakan daya batrei sangat besar dalam pemakaian normal dikarenakan layar yang besar membutuhkan daya yang besar.
  • Matikan wifi
    Seiring perkembangan perangkat bergerak yaitu handphine, wi-fi merupakan jaringan yang tidak bisa dipungkiri, dengan makin banyaknya kebutuhan jaringan. Dengan wifi kita bisa memakai untuk transfer maupun downloads data. seperti halnya bluetooth wifi bisa mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Wifi mempunyai freqwensi tersendiri sehingga anda bisa berinternet atau tukar data dengan koneksi wifi. Saat ini banyak operator yang membuat danmemberikan layanan free wifi untuk kita gunakan sebagai jaringan internet. Jangan lupa juga untuk melihat apakah wifi aktif. Wifi pada beberapa perangkat smartphone abdroid dibagi 2 yaitu portable hotspot dan wifi untuk receiver. Kadang kita lupa bahwa wifi aktif setelah kita gunakan dan lupa tidak dimatikan, sehingga terus menerus search jaringan, dan dampaknya tentu adalah pemborosan batrei pada android karena wifi membutuhkan konsumsi yang cukup banyak dalam pemakaian batrei.
  • Matikan bluetooth.
    Biarpun tidak sebesar konsumsi wi-fi namun bluetooth pada android sering kali hidup terus,dikarenakan kemudahan akses ke bluetooth hanya dengan sekali tekan shortcut. karena itu juga bisa membuat batrei pada smartphone android menjadi cepat habis.
  • Matikan background data.
    Background data adalah tool dimana dakam keadaan standby aplikasi yang membutuhkan konek atau aplikasi yang selalu online akan hidup seperti mail, admob, facebook, dan lainnya. Dengan begitu setiap ada pemberitahuan masuk maka anda akan mendapat pemberitahuan. Dan system ajan terus menerus terhubung dengan jaringan data yang membutuhkan refresh tiap saat sehingga memakan konsumsi daya batrei. Tidak disarankan mematikan background data bagi yang kehidupannya memang membutuhkan full online seperti mail maupun pemberitahuan lain. Namun jika anda tidak ingin mematikan bacground data sedikit tip agar akun yang online dikurangi seperti facebook, twitter, foursquare, dan lainnya sebaiknya bila tidak dibutuhkan keluar atau sign out sehingga tidak lagi online.atau atur refresh dalam jangka waktu tertentu sehingga tidak tiap detik online. Tapi untuk email kalau memang perlu tidak perlu sign out. Tip ini selain menghemat batrei juga menghemat pulsa pada smartphone android. Langkah cepat bila kamu tidak ingin online maka atur dengan mematikan data sehingga smartphone tidak lagi terhubung dengan internet, dan hidupkan bila ingin online di pengaturan atau dengan menekan tombol power lama dan pilih data.
Beberapa tip menghemat batrei pada android diatas sudah banyak membantu dan menghemat batrei lebih dari 50 persen bagi anda yang baru pakai android.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top