information | tip and trickBacklink, dua kata yang jadi satu yang sangat diharapkan oleh para admin situs maupun blog. Karena backlink merupakan sesuatu yang penting untuk mendapatkan kunjungan dan salah satu cara menaikkan pagerank.

Apa itu backlink dan apa fungsinya?
Bagaimana cara mendapat backlink?
Apakah backlink itu gratis?

Sekilas tentang pertanyaan diatas versi pemula. Bukan menjelaskan dengan detail tetapi simple dan semoga mudah dipahami, dan tidak perlu uraian panjang yang kadang untuk pemula alias para blogger bilang newbie bila terlalu panjang dan berbelit-belit membuat bingung.

Apa maksud backlink dan apa fungsinya bagi blog.


Backlink adalah sebuah url atau link yang dititipkan atau ditaruh di blog lain dimana blog lain tersebut menaruh link blog atau situs lain dengan ihklas atau punya tujuan tertentu. Url link banyak jenisnya dari kode html, php, scrift, dan lainnya. Contoh anda menaruh widget di sidebar, header, footer dengan tombol berbagi facebook maka itu adalah backlink fb yang kita taruh, begitu pula anda menaruh iklan maka itu juga backlink admin pemilik situs iklan. Selain itu anda menaruh kode html seperti <a href="http://deltatrenggalek.blogspot.com"> nama/judul blog </a>maka itu juga backling milik blog ini yang ada pada blog kamu.
Apa fungsi dan kegunaan backlink?
Bagaimana cara mendapatkan untuk pemula secara gratis.

Anda pemula teruslah membaca
Fungsi backlink adalah untuk mendapatkan kunjungan ke blog dengan sebutan kunjungan unik, kenapa karena ada link kita di blog lain dan bila ada yang berkunjung ke blog yang ada url kita maka kita akan mendapat kunjungan walaupun belum tentu kita di klik, atau bahkan pengunjung tidak tahu dengan url kita. Maka kita akan dapat kunjungan gratis dan dihitung oleh mesin index seperti google dengan satu kunjungan lewat situs lain.
fungsi lain adalah dengan banyaknya backlink yang kita punyai maka akan meningkatkan pagerank lebih-lebih bila backlink kita ada pada situs yang punya pagerank tinggi.
Untuk mendapatkan backlink ada banyak cara dari yang mudah sampai sulit, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Berikut beberapa cara mendapatkan baklink secara gratis versi pemula untuk yang senior mohon maaf kalau posting ini kurang lengkap. Disini tidak perlu kita menulis yang berbelit-belit biar mudah dipahami buat pemula atau newbie termasuk cara dan itu yang saya lakukan untuk blog ini. Semoga posting yang sederhana ini mudah dipahami dan dimengerti.
  1. Cara berimbang
    • Tukar link
      Tukar link biasanya disediakan oleh para senior dan dengan keikhlasan mau berbagi tempat dan menyediakan form khusus url/ link untuk bertukar link dengan kita sehingga kita mendapat 1 backlink dari mereka dengan perjanjian tak tertulis isinya tolong taruh juga link saya di blog kalian. Bagi yang ahli bahasa pemrograman bisa membuat form lengkap dengan kode sementara bagi pemula ada juga fasilitas tukar link via pihak ketiga seperti di halaman tukar link yang ada di blog ini, silahkan kalau ingin
    • Join di situs/ blog yang menyediakan fasilitas backlink gratis
      Banyak situs atau blog yang menyediakan fasilitas tukar link atau backlink gratis, coba saja googling dengan kata kunci : backlink gratis, auto backlink, free backlink, cara mendapat backlink gratis, situs penyedia baklink gratis, dan lainnya. Semua bisa dengan mudah dilakukan termasuk pemula sekalipun, anda tinggal join dan memasang kode html, php, scrift yang sudah disediakan tinggal dicopy dan pasta/ tempel di blog. Tetapi sebelum mengikuti dan join di situs backlink gratis harap dibaca dulu aturan dan cara mendapatkan backling gratis untuk blog, karena bila kita tidak tahu cara pakai kita hanya memberi tidak bisa mendapat backlink dari mereka, situs ini ada yang manual ada juga yang auto backlink begitu kita pasang kode. Yang manual biasanya setelah kita pasang kita klik bannernya.
  2. Kedua cara diatas saya sebut backlink yang adil karena kita memberi satu dan dapat satu.
  3. Cara massal
    • Beri komentar pada blog dofollow
      Rajin-rajinlah berkunjung ke blog lain dan jangan hanya menjadi pengunjung pasif kenapa, karena dalam dunia blog ada istilah blog dofollow dan nofollow yang artinya blog dofollow adalah blog dimana tiap url yang berada didalam posting, komentar maupun author comment akan dianggap sebagai link oleh mesin pencari sedang blog nofollow link yang ada akan dianggap tekt yang hanya dibaca sehingga mesin pencari tidak menganggap itu link keluar. Jadi rajin berkunjung atau para blogger menyebut blogwalking dan meninggalkan jejak di komentar dengan url, atau komentar sebagai blogger, wordpress, open id dsb oleh mesin pencari dianggap link keluar dan satu backlink untuk komentator. Tetapi sekedar mengingatkan beri komentar yang sesuai topik dan jangan menginggung. Untuk mencari blog itu dofollow atau tidak bagi pemula silahkan googling dengan kata kunci : blog dofollow, daftar blog dofollow, blog dofollow indonesia, blog dofollow ber pr tinggi, blog yang dofollow dan lainnya dan cari update terbaru karena kadang beberapa blogger yang semula membuat blognya dofollow merubah menjadi blog nofollow. dan aturan atau bagian mana yang dofollow tergantung admin mengatus sebelumnya.
    • Daftar di situs blog directori
      Banyak directory situs/ blog yang menyediakan tempat untuk blogger mendaftarkan dan memperkenalkan blognya di dunia internet seperti blog catalog, technorati, blogger indonesia, mybloglog, dan banyak yang lain termasuk mesin pencari seperti google, yahoo, bing, ask, amazon dll, sehingga kita mendapat kesempatan untuk berpromosi
    • Cara ini agak ribet perlu waktu, tenaga dan pikiran karena biasanya untuk blog directory memberi kita code baik html, php, atau scrift yang harus dipasang pada blog dan kalau dapat yang sulit harus merubah dan memasukkan code di head template/ kode SEO sedang blog walking membutuhkan waktu dan tenaga untuk bisa mendapatkan backlink gratis.
  4. Bersambung >>>
  5. cara ampuh
  6. Cara lain yang bisa dicoba
Baca di posting berikutnya juga tentang kelebihan dan kekurangan dari cara yang saya sebut
 
Top