Assalamu alaikum teman.
posisi satelit palapa dan telkom 3s
posisi parabola satelit palapa dan telkom 3s
Masih ingat dengan blog ini.... ya kami yakin banyak yang lupa karena penulispun juga lupa tidak merawat, jadi kali ini menulis yang ringan ringan saja ya sambil kembali melatih jemariku memencet keyboard.
Sudah bukan rahasia lagi saat ini dunia pertelevisian sedang pada masa refressing , karena beberapa siaran tv seperti trans tv,trans 7,antv, tvri, tv9 nusantara, tvtl timor leste, dan beberaoa televisi tidak bisa lagi ditangkap siarannya melalui parabola satelit telkom sejak tanggal 25 agustus 2017. Ya memeng satelit telkom mengalami kerusakan yang mengakibatkan beberapa siaran tv tersebut tidak bisa lagi dilacak juga seperti  atm pun sempat tidak bisa dipakai. Beberapa sumber mengatakan satelit telkom hancur,ada yang bilang terbakar,ada yang bilang lepas kendali dan melenceng dari orbit.

Beberapa penyelenggara siaran tv bertindak cepat dengan memindah siaran melalui palapa namun tidak semua. Nah terus bagaimana kelanjutannya.
Saat ini stasiun televisi yang hilang sudah kembali bisa ditangkap dengan menggunakan parabola satelit telkom 3.
Tapi kendalanya adalah satelite telkom 3 orbitnya adalah di timur palapa. Sedang telkom 2 di barat jadi mau tidak mau kita harus merubah posisi antena agar bisa menyaksikan siaran tv tersebut. Seperti moto gp trans tv dll.


Teman jangan kawatir bagi yang tidak mau ribet bilang saja ke tukang parabola tapi bila ada yang ingin mencoba kami beri tutorial singkat.
  • setting dulu receiver
    Buka menu cari pengaturan satelit dan lihat pada pengaturan  dish atau lnb.
    Ada 2 jenis pengaturan
    1. Pengaturan memakai swich on off 22k
    2. Pengaturan memakai swich dish lnb 1 ,lnb 2
    Lihat di receiver teman.
    Caranya adalah cek dan bandingkan antara satelit palapa dan telkom dan rubah dengan cara
    Untuk swich on off bila semula palapa posisi of dan telkom on rubahlah jadibpalapa on dan telkom off
    Bila dis memakai lnb bila palapa lnb 1 dan telkom lnb 2 rubah menjadi palapa lnb 2 telkom lnb 1 . Intinya di balik saja .

  • berikutnya bika sudah di seting simpan dan pilih salah satu siaran yang ada di satelit palapa seperti tvone,metro tv, indosiar, sctv,rcti dll. Pilih 1 yang sinyal sedang lalu pilihbinfo ataubputar tv keras sehingga bila hidup akan terdengar dari luar swaranya hhhh bercanda teman.

  • Langkah selanjutnya pergi ke antena membawa kunci pas /kunci inggis biar cepat. Kendorkan 3 baut yaitu 2 baut as antena dan 2 baut bawah agar parabola biavdimiringkan pada baut panjang di bawah yang posisinya di timur sekitar 10 sd 20 putaran saja atau panjang sekitar 1 cm sd 2 cm. Kemudian miringkan antena kearah timur sehingga siaran tv yang sobat putar mendapat sinyal maximal. Kemudian kkencangkan kembali parabola. Tpi jangan sampai mengunci karene pasti masih perlu sedikit pergeseran lagi.
  • langkah berikut scan satelit telkom ,semoga teman beruntung trans tv dll sudah mendapat sinyal max bila belun rubah sedikit kemiringan antena.

Sekian tutorial singkat maaf gambar menyusul karena belum sempat ambil gambar
Assalamu alaikum


 092017
3

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

 
Top