Kilas balik 2010 dalam posting sebelumnya kami tulis dengan tujuan sebagai berbagi pengalaman untuk mengingat 1 tahun kelahiran blog ini mengantarkan kita menyambut pergantian tahun 2010 ke 2011 karena kebetulan blog ini lahir di bulan desember. Melanjutkan kisah perjalanan penulis yang jujur tentang seberapa sulit untuk memelihara dan memberi nafas kehidupan untuk membuat blog dengan kenyataan sulitnya kita mencari dan mendatangkan pengunjung ke blog kita. Kenyataan yang ada ke blog kita sempat dalam statistik yang saya buka 1 hari mendapat kunjungan cuma 15, jadi untuk mencapai seperti master blog perlu waktu lama kecuali kita memang punya suatu keahlian yang benar-benar beda dari orang lain yang bisa kita jadikan tumpuan memberi kehidupan dan nafas dalam berposting,dan hal itu memang banyak dibutuhkan oleh semua, Namun buat newbie jangan pernah putus asa dengan keterbatasan yang kita miliki,setiap kita diberi sesuatu yang berbeda dan masing-masing bisa digunakan untuk memberikan yang terbaik buat semua. makin lama kedewasaan akan muncul dan perlahan kita akan tahu kemana tujuan kita membuat suatu tulisan. Seberapa sulit tantangan pasti ada jalan cuma kapan kita bisa menemukan jalan untuk mencapai tujuan tergantung waktu dan kesempatan yang diberikan. Setelah belajar beberapa hal yang mungkin perlu setelah keputus asaan penulis karena blognya sepi dan mengambil kesimpulan bahwa dengan belajar semua pasti ada jalan kembali penulis rajin buka posting dan mencari pelajaran dari senior,walau belum banyak tetapi berguna buat kami. Beberapa kesimpulan yang bisa membuat kami kembali adalah:
  • belajar kunci pertama
  • waktu menentukan kedewasaan
  • jangan putus asa dengan tantangan yang kita hadapi
  • Jangan berharap lebih dan instant kalau ingin bertahan
  • Berikan sesuatu yang memang kita bisa
  • sabar dalam berusaha
  • perlahan melangkah kalau kita memang baru bisa berjalan
  • manfaatkan situasi yang memang bisa mendukung kita
  • apalagi ya perasaan banyak?.....
Sedikit yang saya simpulkan dan sebenarnya banyak tetapi saya takut menulis karena belum semua bisa saya lakukan.
Dengan berjalanya waktu ada sedikit pencerahan dan semangat kembali untuk apa putus asa kalau memang ingin belajar,biarlah kita merangkak sesekali berhenti karena capek dan kembali untuk bisa berjalan dengan harapan usaha kita tidak sia-sia dan ada yang menghargai kesabaran kita untuk bisa memberikan sesuatu yang berguna buat orang lain.
Setengah tahun membuat blog mulai mengenal tentang webmaster yang bisa kita pakai untuk mendaftarkan nama kit di dunia maya dan mulai mengenal istilah broken link,submit situs,feed dll. Karena keterbatasan kamus bahasa inggris mau tidak mau kita harus belajar dari para master tentang apa yang tertulis dalam pengumuman dari web seperti google webmaster,yahoo,bing dll kalau beruntung bisa dapat artikel yang bisa kita jalani dan gunakan dan tidak kesasar kemana-mana, dan baru beberapa bulan ini kami mengenal alexa walau belum faham 100% tetapi sedikit mengerti isinya juga submit situs di beberapa webmaster itu pengalaman berharga bagi penulis. Walaupun begitu kita tak bisa ingkar bahwa blog ini jauh dari yang diharapkan setidaknya berusaha sekuat tenaga untuk bisa memberikan sedikit yang kami ketahui. Sebagai kesimpulan akhir pengalaman ini belajar untuk menghadapi cobaan dan rintangan demi sebuah harapan untuk memberikan yang terbaik buat semua orang sebatas kemampuan kita adalah hal yang bisa kita lakukan,dan berharap ilmu yang kita dapat akan berguna buat orang lain untuk mendapatkan kebahagiaan sebagai seorang blogger.
Sebagai tambahan :beberapa webmaster yang bisa kita buat untuk mendaftar situs/blog kita antara lain google,yahoo;,ask,bing,alexa,mybloglog,technorati, dan lain-lain
Sebagai penutup karena sekarang penghujung tahun kami ucapkan selamat Tahun Baru 2011 semoga tahun depan ada jalan terbaik untuk kita

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top