Tanpa terasa tahun 2010 sudah hampir berakhir,penghujung tahun 2010 telah kita jalani dan mendekati akhir tahun sebuah catatan kilas balik pengalaman penulis dalam mencoba sebuah akses yang saat ini anda baca. Menjadi seorang blogger yang berpengalaman dan dapat berguna untuk semua pembaca adalah suatu impian seorang blogger begitu pula penulis ingin menampilkan yang terbaik dalam dunia maya dengan mencoba belajar untuk menjadi orang yang berguna dalam dunia tanpa batas yang bisa diakses dari seluruh penjuru dunia hanya dengan sekali klik pada keyboard maupun mouse. Perjalanan menjadi seorang blogger ternyata tidak semudah membalik telapak tangan,kita sering membaca artikel maupun posting dari senior si master blog tentang kemudahan dan fasilitas yang ada dalam dunia bloger.
tanpa terasa penulis sudah 1 tahun masuk ke dunia internet,dari seorang yang benar-benar 0 % sampai saat ini belajar dan terus belajar. Semula penulis hanya iseng dan mencoba menjelajah internet,dalam benak terbayang dan penuh tanda tanya
  • bagaimana sebenarnya internet,situs,atau apapun yang berhubungan dengan http,www etc
  • seberapa mahal kita bisa membuat suatu situs
  • bagaimana kita bisa membuat blogspot,wordpress,dot com,net dan sebagainya
  • kapan saya bisa membuat dengan modal tanpa ijazah tentang dunia yang satu ini
akhirnya menemukan posting tentang cara membuat blog baik di blogger (blogspot) maupun WP ( wordpress) dan yang lain. Sebagai seorang yang penasaran tentu dalam hati timbul pertanyaan bisa atau tidak?
Tak terbayang sebelumnya ternyata membuat blog itu mudah,murah hanya bermodal alamat e-mail yang kita punya.
Sebuah pengalaman yang berharga buat newbie seperti penulis sejak mengenal blog pada awalnya hanya bisa mengenal sebagai konsumen akhirnya bisa menjadi produsen. Sebuah pengalaman yang membawa kita ke dalam dari orang awam yang nol persen hingga bisa mengenal istilah html,php,xml,css dan sebagainya tanpa lewat jalur pendidikan formal.Memang belajar otodidak itu sulit dan hanya setengah-setengah tapi itu sangat berharga dari pada tidak tahu,"itu menurut penulis".Secuil kilas balik perjalanan bloger awam penulis tidaklah semudah kata senior. Dalam kisah menulis blog ini pernah dalam statistik kunjungan setelah mempunyai akun blogspot selama 3 bulan baru mengerti cara melihat status blog berapa kunjungan ke blog kita,dalam 3 bulan pertama kunjungan yang masuk ke blog ini tidak sampai 300 berarti 1 bulan tidak sampai 100 kunjungan. Itupun sudah senang dalam hati tapi saya belum tahu kunjungan siapa angka tersebut dan setelah lama baru mengerti kata senior kunjungan terbanyak pada blog kita adala mesin pencari seperti google,yahoo,ask,bing,dan lain-lain. dan juga klik kita sendiri baik melihat preview saat publikasi post,juga pencarian kita untuk melihat apakah blog kita dudah masuk dalam daftar situs di mesin pencari dll.
Setelah bisa melihat kunjungan yang masuk mulai belajar bagaimana cara agar kita mendapat pengunjung ternyata tak semudah tulisan. Baru penulis sadar bahwa ternyata membuat blog hidup tak semudah cara membikin akun blog,bermodal cuma mengerti a href="" tak cukup tapi juga harus menguasai topik yang akan disampaikan dalam menulis sebuah artikel juga kita harus menguasai teknik dalam penulisan,tak lupa kita harus tahu sasaran tulisan kita kemana.
Perjalanan mengenal blog dalam hati belum mulai tapi masih belajar itu yang terbayang saat itu,dalam pikiran mulai terbayang keputus asaan karena belum terpikir kemana arah dari blog ini selanjutnya,sempat saya lupakan blog ini karena terpengaruh oleh beribu pertanyaan yang utama kemana dan untuk apa kita membuat blog. Apa yang bisa penulis hadirkan untuk pembaca dengan modal pas-pasan tanpa punya pengalaman,dengan ijazah yang cuma setingkat SMA itupun bukan juara dan juga modal pengalaman cuma sebagai petani yang tiap hari pekerjaan rutin mencangkul dan mencari rumput karena hidup di desa. Jadi nulis bio ya?
Melanjutkan kilas balik 2010 seorang newbie,saat keputus asaan berangsur hilang penulis menemukan istilah-istilah seperti seo,submit,backlink dan sebagainya. Sangat rumit dunia yang satu ini belajar adalah jalan terbaik dan penulis mengambil keputusan kita menulis dulu sebanyak-banyaknya hingga suatu saat menemukan jati diri dan bisa berguna buat pembaca. Terus terang saat ini penulis berusaha memberikan yang terbaik yang bisa sambil belajar,waktu memberikan pelajaran berharga dan kita jangan putus asa. jangan terpengaruh cacian yang seakan memojokkan orang yang belajar jadikan itu pelajaran berharga,dan jangan malu kalau blog kita sepi karena memang perlu waktu untuk memberikan sesuatu yang bisa berguna buat orang lain. Itulah isi pikiran penulis dan sedikit suport buat teman teman yang belajar. Bersambung bag 2

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top