information | tip and trick Kesehatan adalah pilar pokok yang harus kita jaga dan dipertahankan dan penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dengan alami adalah melalui makanan sehat dan tidak beresiko terhadap tubuh. Bagi sebagian orang memberi nama diet untuk mencapai tubuh yang dinginkan
Pada dasarnya semua makanan sehat mempunyai kandungan gizi, vitamin, maupun zat-zat yang berguna dan diperlukan tubuh, juga efek sampingnya sedikit.
Makanan yang umum dan dikenal dan wajib kita penuhi atau kita konsomsi juga menjadi kebutuhan pokok tubuh agar bisa sehat, daya tahan tubuh kuat/ sistem imun tubuh optimal, tercukupi asupan gizi dan beberapa hal lain hendaknya makanan tersebut berimbang dan tidak berlebihan. Selain itu juga untuk membuat menu diet seimbang bagi sebagian orang yang punya efek samping terhadap makanan. Dan sangat dianjurkan buat anak yang rentan terhadap makanan yang keras juga makanan kemasan yang banyak beredar di masyarakat yang tidak kita ketahui akan mutu, kesehatan juga kandungan gizi atau zat lainnya. Beberapa contoh kandungan makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari antara lain:
  1. karbohidrat,
  2. protein,
  3. lemak
  4. vitamin seperti vit A, B,C, D, k dll
  5. dan zat penting lain: zat besi, calsium, gula, dll
Semua makanan yang kita dapat mempunyai kandungan sendiri-sendiri sehingga agar badan sehat makan harus beragam tidak hanya mengkonsumsi satu jenis makanan saja.
Dengan beragam jenis makanan sehat segala asupan gizi bisa tercukupi. Namun ada kalanya tiap makanan punya efek samping bagi sebagian orang yang mempunyai beberapa jenis gangguan tubuh atau penyakit tertentu, sedang yang lain tidak ada masalah. Ada banyak jenis menu makanan yang bisa kita konsumsi terutama untuk menyeimbangkan dan memenuhi kebutuhan asupan gizi dan kalori sehari-hari.dalam posting ini salah satu cara diit berimbang untuk anak yang mempunyai gangguan pencernaan
DIIT RENDAH SISA
Tujuan :
  • memberikan makanan secukupnya yang mungkin merangsang alat pencernaan dan sedikit mungkin meninggalkan sisa
Syarat-syarat:
Makanan hendaknya mudah dicerna, tidak merangsang baik secara mekanis, thermos maupun kimia dengan jalan:
  1. menghindarkan makanan tinggi serat
  2. menghindarkan makanan terlalu panas dan terlalu dingin
  3. menghindarkan makanan tinggi lemak, terlalu manis, terlalu asam dan terlalu berbumbu
  4. memasak makanan hingga lunak
makanan yang boleh diberikan
Sumber hidrat arang/ karbohidrat :
beras dibubur, roti bakar, kentang rebus, dipure, macaroni, mie, bihun, direbus, kraker, tepung dibubur atau dipuding.
Sumber protein hewani:
daging, hati, ayam, ikan direbus, ditumis,dikukus, dipanggang, telur rebus, ditim, diceplok air, didadar, dan dicampur makanan dan minuman, susu 2 gelas sehari.
sumber protein nabati:
tahu, tempe ditim, direbus, keju , kacang tanah, sari kedelai.
lemak:
margarin dan mentega dalam jumlah terbatas.
makanan yang tidak diberikan
sumber hidrat arang
beras ketan, bulgur, jagung, cante, ubi, singkong, talas, cuka, dodol dan kue lain yang manis dan gurih.
sumber protein hewani
daging, ikan, ayam diawetkan, daging babi, telur ceplok, digoreng.
sumber protein nabati
lain-lain
lemak
macam-macam minyak dan lemak hewani, goreng-gorengan, santan
sayuran
minuman
minuman yang mengandung alkohol
contoh menu diet seimbang
pagi
  • nasi tim
  • telur setengah matang
  • teh manis
siang
  • nasi tim
  • semur daging giling
  • telur ayam kocok
  • sup bayam
  • pepaya
sore
  • nasi tim
  • perkedel daging bakar
  • tim tahu
  • sup wortel
  • pisang
makanan tambahan
  • poding maizena
  • saos susu
  • susu
Posting ini terinspirasi saat konsultasi gizi untuk anak balita saya yang sakit dan opname di Rumah Sakit Umum Trenggalek.
baca juga :label posting ini: makanan, kesehatan, sehat, tip kesehatan, diit berimbang, cara diet yang imbang, menu untuk diet

1 komentar:

  1. wah...isi buku tamu dulu. Salam kenal om...saya oarng Kampak, tapi tinggal di Situbondo
    http://karisnsz.wordpress.com/2011/06/03/makanan-ndeso-des/

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top