pesona stalagtit stalagmitAssalamu'alaikum sobat, kembali jumpa meneruskan posting terdahulu.
Masih edisi jalan-jalan di Kota kelahiran Bapak Susilo Bambang Yudoyono mantan Presiden RI, Setelah kemarin menulis tentang Pantai Klayar , sebuah pantai yang berada di Kabupaten Pacitan Jawa Timur kali ini bergeser sedikit mengunjungi sebuah panorama alam yang sangat menakjubkan, sebuah goa yang terletak tidak begitu jauh dari Pacitan kota, maksud kami dari pada ke pantai Klayar.
Goa gong
Sobat bila kita datang ke sini maka anda akan mengagumi kekuasaan Allah yang telah membuat suatu tempat yang indah dan tidak bisa kita bayangkan. Goa gong adalah tempatnya stalagtit dan stalagmit yang berjumlah ribuan dan sangat indah. Kanapa disebut goa gong karena beberapa batuan bila kamu pukul akan berbunyi seperti gong " dalam istilah jawa gong adalah bass dari gamelan.
Dari tempat parkir untuk menuju lokasi sekitar 200 meter dengan jalan yang sudah dibangun jalan yang mudah untuk berjalan, sampai tiba di pintu goa gong. Beberapa warga menawarkan jasa sewa lampu senter untuk dibawa kedalam goa sebagai penerang jalan, walaupun sebenarnya didalam goa sudah diberi lampu oleh dinas terkait,

goa gong pacitan jatimribuan stalagtit stalagmit menakjubkan

tetapi untuk jalan karena beberapa tempat agak licin dan jalan di goa menurun cukup curam sehingga dengan senter bisa menerangi jalan. tetapi bila tidak juga bisa jalan, dengan hiasan lampu warna warni yang dipasang di sekitar jalan di dalam goa.
Beberapa stalagtit dan stalagmit sudah bertemu dan membentut stalagnat. Stalagtat adalah stalagtit dan stalagmit yang sudah bersatu dan membentuk tiang. warga lokal menyebut sebagai soko guo atau tiang goa gong. Beberapa stalaknat terbentuk dan dengan diameter yang cukup besar dan memang seperti tiang yang menyangga atap goa. Sementara jumlah stalagtit dan stalagmit kami tidak bisa menghitung mungkin ribuan. itu dari beberapa ruang yang memang sudah dibuka untuk umum, karena masih banyak ruang yang masih di tutup alias diberi tanda dilarang masuk. untuk bejaga-jaga agar orang tidak kesasar, karena cukup dalam dan mungkin belum dipetakan.
Nah sobat beberapa dokumentasi yang sempat kami ambil saat jalan-jalan di goa gong pacitan bisa sobat lihat di sini.

Stalagtat goa gong yang indahOya sobat bila kalian bermaksut untuk mencari akik di goa gong adalah tempat yang kalian cari karena cukup banyak pedagang batu akik berjualan disini dan hargapun bervariasi dari yang murah sampai yang mahal bisa kalian cari disini. So jangan lewatkan pusatnya batu akik di parkiran/ tempat souvenir goa gong Pacitan Jawa Timur.
Sekian dulu posting tentang goa gong

bersambung...
next kita mandi yuk disini .....>>>>>

baca juga :

Pantai klayar yang masih alami
Pantai pasir putih trenggalek
Kuliner khas trenggalek
Pantai teleng Pacitan
coba Mandi air panas disini

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

 
Top