Bulan februari, bagi sebagian kalangan punya makna tersendiri, sebuah budaya atau mungkin sebuah tradisi yang datang dari barat yang sekarang menjadi tradisi di negeri ini. Valentine day itu biasa disebut oleh sebagian masyarakat atau dalam bahasa kita Hari Kasih Sayang. Seberapa pengaruh hari kasih sayang bagi kita? Jawabannya tentu tergantung dari masing-masing. Lalu bagaimana kita menyingkapi ataupun memandang makna valentine day dengan adat kita sebagai bangsa yang dikenal bangsa timur yang punya kesan santun, menghormati, punya adat dan tradisi sendiri yang sudah terkenal sampai luar negeri.
Kita tidak bisa mengingkari keberadaan dan tradisi yang masuk dari barat ke timur, seiring perkembangan teknologi, globalisasi termasuk hal ini harus pandai memilah dan memilih mana yang pantas dan tidak sebuah budaya kita tiru, kita ambil positif dan buang yang negatif. Kasih sayang dalam kenyataan maupun tindakan sebenarnya menurut kami adalah hal yang abstrak, dalam pelaksanaan sulit dan relatif. Dalam arti sederhana kasih sayang berhubungan dengan cinta, saling berbagi, saling mengerti. Kita tidak perlu memberi arti yang berbelit-belit dalam hal ini tetapi ambil saja hal yang sederhana yang bisa kita lakukan untuk orang yang kita sayangi.
Valentine day dalam kenyataan sekarang lebih berkesan hanya berupa barang dan pernyataan tapi bukan tindakan, mengapa?
Saat ini hari kasih sayang yang jatuh pada 14 februari bisa kita lihat simpel saja pasti coklat, hati, bunga lain dari itu bagi kalangan muda lebih berkesan hura-hura dan pdkt pada seseorang. Kenapa tradisi yang hanya lambang tidak kita rubah dari kita sendiri, tidak semua orang yang kita sayangi memerlukan bunga, coklat dan simbul hati. Orang yang keadaan kurang tidak perlu coklat untuk dimakan karena mahal lebih baik beri beras lebih bermakna dari coklat, orang yang sudah berkeluarga tak cukup hanya ungkapan cinta untuk membuktikan kasih sayan, tapi butuh lebih dari itu. Anak orang tua yang berkarir tak cukup bilang sayang dan cinta tapi butuh perhatian ibu dan ayah untuk membentuk pribadi yang tak lepas kendali. Seorang kekasih tak cukup bilang cinta, memberi bunga dan coklat atau boneka untuk hadiah tapi butuh kesetiaan, dan masih banyak contoh lain.
Kita tidak perlu mengartikan dan mengingat hari kasih sayang pada 14 februari saja, andai cuma ingat pada tanggal itu jadikan itu untuk mengingat kesalahan kita dan kilas balik apakah kita sudah menyayangi keluarga, orang yang disekitar kita, seperti yang diharap sesuai kemampuan kita. Jujur saja tiada manusia yang sempurna dan juga tiada yang tidak punya salah, jadi maknai hari kasih sayang dengan cara kita, bila kita punya banyak kesalahan pada orang lain banyaklah silaturahmi dan minta maaf, dan berdoa. Kalau memang kita memberi hadiah berilah sesuai kebutuhan, beri perhatian dan kasih sayang yang cukup untuk orang yang kita sayangi maupun orang yang menyayangi kita, berilah waktu agar kita bisa saling bicara dan saling berbagi sehingga kita tahu apa yang mereka harapkan dari kita.
Bagi para atasan untuk memberi kasih sayang berilah kesempatan untuk berkarya dan hargai karya mereka secara adil, itu merupakan beberapa contoh. Kasih sayang tidak selalu tertuju pada orang yang kita cintai saja tapi orang-orang yang selama ini telah mengisi dan memberikan sesuatu bagi kita. Contoh atasan pada bawahan, bos pada karyawan, kita pada keluarga, teman, sahabat, guru, dll. Warnai kasih sayang jangan hanya terkesan jalan, hadiah ungkapan tapi berilah kenyataan sesuai kemampuan. Dan jadikan 14 februari sebagai kilas balik sudahkah kita bisa memberi jangan bilang sudahkah kita diberi. Dan juga sebagai bangsa yang dikenal mengenal adat dan tradisi ketimuran filter atau saring budaya yang masuk dengan bijak jangan asal menerima dan dilakukan tanpa ada saringan yang bisa memilih mana yang terbaik bagi kita.
Lain ladang lain belalang,
lain lubuk lain ikannya.

Sebuah pepatah yang sederhana yang punya arti cukup banyak bahwasanya tiap daerah, negara, tentu punya adat dan kebiasaan yang berbeda dan dalam hal ini tradisi negara lain belum tentu cocok dengan tradisi kita. Tanpa adanya ufilter bisa menghancurkan kita sendiri. Seperti ungkapan sederhana ikan laut tak akan mungkin hidup di sungai air tawar jadi bila dilangggar resiko tanggung sendiri.
Dari mana sebenarna datang istilah valentine day silahkan baca selamat hari kasih sayang

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda,dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar disini.
Saran dan kritik anda saya tunggu,terima kasih sebelumnya.
entri lama kami moderasi agar kami bisa balas

masukkan email kamu dan dapatkan update terbaru dari kami gratis

 
Top